Rabu, 24 Juli 2019

Setiap orang memiliki langkah


Langkah yang pasti tengah ditempuh oleh sahabat saya satu ini 
@gesang_pujaseno.
Ditengah revisian yang tengah menanti, dan jadwal penelitian skripsi yang mepet.
Dia tetap dengan semangat dalam pembukaan cabang ke 4 Rizky Swalayan @rizkyswalayan .

InsyaAllah jika tak ada halangan, Kamis 1 Agustus 2019 Toko Swalayan baru yang berlokasi di Tunggul Hitam ini akan dibuka. Semoga bisnis yang tengah dijalani oleh sahabat saya ini berjalan dengan lancar. Penuh keberkahan. dan manfaat bagi orang sekitar.

oh ya, 
tadi disela-sela obrolan soal skripsi di Toko Rizky Swalayan yang tengah perbaikan/persiapan saya sempatkan melihat-lihat. Ada beberapa etalase yang sudah disusun rapi. Dan yang mencuri perhatian saya adalah susunan Buku yang jarang saya temui. Silahkan kamu slide aja. barangkali kamu mau belikan itu untuk kerabat atau adik kamu.

Dan diakhir kunjungan malam ini,
saya diajak makan malam sama Pak De nya Gesang.
menu dendeng batokok jadi pilihan saya dan gesang.
.
.
"teruslah berusaha kawan, kita tak tau langkah mana yang akan mengantarkan kita pada kesuksesan. dan jangan lupa selalu libatkan Allah dalam setiap usaha dan perjuangan kamu".
.
.
🌱 Dirat Mahadiraja.

Padang, 24 Juli 2019.

#diratmahadiraja
#storycokro
#dailyquotes
#teruslahmenulis













Continue reading Setiap orang memiliki langkah

Sabtu, 20 Juli 2019

Quota 4 tahun studi S1 dari Orang Tua udah mau habis



Hasil lobby-lobby, maksimal Desember tahun ini harus angkat kaki.
Yah, sebenarnya lobby-lobby itu hanya sebagai kabar agar orang tua tidak terlalu kaget dengan anak nya yang satu ini. "si anu, alah wisuda tu. Kok waang alun juo lai?"

Ayah dan Ibu memang tak mendesak harus wisuda cepat, namun dengan situasi yang memungkinkan maka saya harus bergerak cepat. Beberapa kawan yang sudah bekerjapun sempat bertanya "Kapan wisuda" Mungkin ini kode dari alam ya supaya saya segera menyegerakan tanggung jawab ini.
Hampir 4 tahun mengemban lebel Mahasiswa, ada satu hal yang tertanam dalam otak kecil saya.

"Kuliah membuat kita menjadi Kaum Terdidik, tapi tak menjamin hidup kita aman dihari esok, berupaya dan bertekat juang adalah suatu gelora yang harus terua dikobarkan".
Dihampir beberapa pertualangan ketika menjadi Mahasiswa ini, saya banyak mengenal banyak tipe-tipe orang dari latar belakang berbeda, dari kampus-kampus berbeda, dari Pulau Sumatera, Jawa Hingga Bali.

Beberapa hal yang membuat saya sempat menitikkan air mata yaitu "Uang Kuliah yang diluar ekspetasi saya" yang ketika itu cadangan tabungan pun gak ada. Dan beberapa hal yang dilalui bersama kawan-kawan seperjuangan yang membuat air mata itu turun dengan sendirinya.
Mungkin kesan nya lebay, 
Tapi itulah nyatanya.


Banyak cerita Senang mungkin banyak orang ketahui. Tapi tak semua orang tahu cerita pahit pilu yang menyayat hati.
Tersenyum dalam foto ini,
Untuk mereka yang sudah ada sampai detik ini.

(si anu, udah wisuda tu. Kok kamu belum juga lagi?)
Pertanyaan itu menjadi diskusi akhir-akhir ini. 

Diskusi awal pembuka, dimana saya meceritakan Visi Misi saya kedepan.


Padang, 10 Juni 2019
Dirat Mahadiraja,
Pejuang Toga September 2019 (mohon doa nya)

#diratmahadiraja

Continue reading Quota 4 tahun studi S1 dari Orang Tua udah mau habis

Suatu Saat Nanti


Kita tak pernah tau Suatu Saat Nanti kita akan menjadi apa. tapi kita akan mengetahui bagaimana kita dihari esok dari apa yang tengah kita perjuangkan hari ini.

Semua sudah menjadi suratan Allah dari setiap Usaha yag tengah kita perjuangkan. Suatu Saat Nanti apa yang tegah diperjuangkan kini akan menjadi ukiran indah dalam cerita HIDUP KITA.

teruslah memperjuangkan IMPIAN BESAR KITA. kelak pada waktu nya tiba dan sudah menjadi ketetapan dari Allah semua Akan Indah. YAKIN.

Di Fotokan oleh : @aziz_syahbanil

Padang, 19 Juli 2019.

- Dirat Mahadiraja

#diratmahadiraja
#storycokro
#dailyquotes
#teruslahmenulis

Continue reading Suatu Saat Nanti

Hari ini Bimbingan yang Ke Dua Kali.


Rasa resah gelisah sudah dimulai dari jam 3 pagi. Dari semalam semua berkas yang akan dibawa untuk Bimbingan sudah lengkap didalam tas. Yang belum hanya print out proposal yg belum saya cetak. Rencana setiba di kampus akan di cetak.

Pukul 7.00 pagi saya berangkat dari rumah. Ternyata hari hujan. Padahal diberita semalam saya lihat perliraan cuaca untuk kota Padang cerah berawan. Ditengah perjalan hujan mulai lebat, saya berhenti untuk meenggunakan mantel. Lalu sepatu saya lepas dan saya letakkan dalam jok motor. Perjalanan pagi ini sangat sejuk. Kaki saya yang tanpa alas disirami air hujan dan bercakan grnangan air. Ada sensasi berbeda diperjalanan menuju kampus pagi ini.

Sesampai dikampus saya bergegas ke tempat fotocopy. File yang akan dicetak udah ada di hardisk. Ternyata file tidak bisa dibuka melalui hardisk dan terpaksa saya harus menghidupkan laptop untuk memindahkan file ke hp supaya bisa dicopy ke komputer. Setelah berkah dicetak, dirapikan, dan masuk kedalam map batik saya menuju jurusan. 

30 menit menunggu Bapak Dospem akhirnya datang. Pak Syamsuarnis, itu nama dosen pembimbing saya. Yang setiba dijurusan langsung masuk keruang jurusan untuk baca koran. Kebiasa bapak seperti itu. Menambah wawasannya dipagi hari melalui koran.

30 menit kemudian bapak keluar dari ruang jurusan tertanda bapak sudah selesai membaca koran. Bapak berjalan menuju ruangannya. Saya yang berdiri di depan pintu ruangannya mundur beberapa langkah. Dengan wajah sok manis saya menatap bapak agak takut. Maklum bapak dosen yang senior yang penuh pengalaman.

Bapak sudah masuk keruangannya, saya tak langsung mengetuk pintu bapak untuk masuk. Saya menunggu timing yang pas agar bisa masuk keruangan bapak. Agak ragu-ragu untuk mengetuk pintu ruangan bapak saya mendengar suara bapak. 
Saya dekatkan telinga ke pintu, saya mengengar suara bapak dengan jelas. Bapak sedang tilawah. 
Saya benar-benar tidak tau kebiasaan bapak ini. Saya tunggu beberapa menit. Beberapa menit kemudian Pak Ridwan yang seruangan dengan Pak Syam masuk.
"cari siapa? - Pak Ridwan
"menunggu pak syam pak" jawab saya.

Beberapa waktu setelah pak rindwan dalam ruangan bersama mahasiswa S2 nya.
Saya pun mengetuk pintu Ruangan Bapak yang setengah terbuka.
"Assalamualaikum. Permisi pak. Saya minggu lalu sudah bimbingan dengan bapak. Dan ini perbaikannya pak" ucapan itu yang keluar dari saya untuk bimbingan hari ini. Dalam ruangan Bapak Ac hidup. 
Udara cukup sejuk. Tetapo saya berkeringat. Tetesan keringat sampai di hujung kaca mata saya.

Beberapa pertanyaan saya tanyakan kebapak. Dan jawaban pasti, jelas bapak sampaikan. 
Yang menjadi poin bimbingan hari ini, tata tulis saya yang masih belum rapi. Sepertinya saya benar-benar harus belajar tata cara tulisan. Diakhir bimbingan pagi ini bapak menyampaikan "kamu selesaikan modulnya, sudah selesai kamu bimbingan, setelah itu seminar. Lalu modul kamu nanti harus ada inovasi, ya contohnya modul daring. Coba kamu lihat modul anak-anak PPG. Itu kan modul mereka Daring"
Bapak memberi sinyal. "satu minggu ini bisa kamu kerjakan itu. Kalau sudah siap? Langsung seminar"
Terkadang yang anggap berat tidak seluruhnya berat. Bimbingan pagi ini menjadi penjelas kemana arah proposal skripsi saya. Terimakasih untuk bimbingan pagi ini pak 🙏 Alhamdulillah.

Senin, 15 Juli 2019
R. Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Padang.

-Dirat Mahadiraja

Continue reading Hari ini Bimbingan yang Ke Dua Kali.

Senin, 15 Juli 2019

Gak ada salahnya KAMU Bangun Lebih Pagi.


Gak ada salahnya KAMU Bangun Lebih Pagi.
Toh pikiran kamu membutuhkan Oksigen di Otak.
Oksigen segar yang membuat otak kamu encer.
Yang melahirkan pikiran-pikiran dan gagasan baru.

Meskipun terkadang pikiran yang timbul adalah gagasan yang diulang. Itu bukan masalah.
Yang akan jadi masalah kalau kamu hidup tapi pikiran mu mati.

Selamat Pagi. 04.19.
Selamat Hari Senin Ceria.
Sebagian orang mungkin tak terlalu suka dengan hari senin. Itu karena tanda jadwal libur berganti menjadi hari kerja.

Tapi memurut ku,
Dengan kondisi sekarang, aku lebih menantikan hari senin tiba ketimbang hari Sabtu Minggu. Sebab, dihari senin bermulanya Harapan dan langkah. Harapan untuk sesegara mungkin menuntaskan Kuliah. Lalu melangkah ke dunia kerja. Harapan membahagiakan kedua orangtua dan sanak Family.

Padang, 15 Juli 2019.
(selamat memulai Mos Adik adik SMK/A dan SMP).

-Dirat Mahadiraja.

Tukang Foto Handal : @haridwi_febriyan
Turut Menyaksikan : @aziz_syahbanil

#diratmahadiraja
#storycokro
#dailyquotes

Continue reading Gak ada salahnya KAMU Bangun Lebih Pagi.

Mungkin ini momen paling pas untuk nyeritain #ghibahin diri sendiri.


Mungkin ini momen paling pas untuk nyeritain #ghibahin diri sendiri.

Ya, menarik untuk diceritakan.
Siapa tau beberapa tahun depan saya teringat momen saat ini.

Momen dimana perjuangan sesungguhnya dimulai. (emang dari dulu gak sungguh2 ya?) 😂

Skripsi lagi On Going.
-revisi udah, bab 1 sampai 3 fix tapi buat bimbingan ulang yang agak susah. Mentok dijadwal dospem yg cuman ada jam 8 pagi sampai jam 12 siang.

Praktek Industri On Going.
-gak begitu rempong, simple. Bapak di perusahaan asik. Tinggal nyicil buat laporan aja.

Itu terkait tugas kuliahan.
Kita lanjut cerita terkait hal yang lebih serius.

Yang paling sering diceritain/ditanya orang-orang kalau ngumpul dan ketemu ya soal :
(apa lagi pas ketemu sanak famili).

-udah kerja dimana?
-udah berkeluarga?

Sepertinya hal2 seserius itu udah mulai dan layak untuk dipikirkan dari sekarang.

Sesekali dalam perbincangan ringan, ibu nanya "udah ada nak? Kalau udah dan serius sekali aja bawa kerumah".

Ini sinyal2 bahwa ibu memberikan izin, tapi kata lanjutannya "tapi jelas2 lah dulu, jelas duduk perkara. Habis wisuda mau kemana? Kerja apa?" Dan jawaban seketika sy,
"insyaAllah bu, masih lihat2 aja.
Jika jodohnya pasti bertemu. Doakan ya bu"

Ibu ngasih sinyal dan kode yang jelas,
Seakan sepemahaman dengan Bunda
(buk tin, guru SMK yang dah jadi orang tua)
"wanita itu butuh kepastian nak, jangan main2 lagi."

Hal-hal ini akhir2 ini sering sy temukan.
"nak, kalau timingnya tepat, sampaikan, jangan buat dia menunggu"
- iya bu 😊

Terakhir,

Difoto ini sy mau ceritain, sy foto dilantai 3 gedung FT Laboraturium Baru.
Difoto oleh @haridwi_febriyan
Disaksikan dan numpang foto @aziz_syahbanil

Padang, 12 Juli 2019
Universitas Negeri Padang -

Dirat Mahadiraja
#diratmahadiraja
Continue reading Mungkin ini momen paling pas untuk nyeritain #ghibahin diri sendiri.